WinRAR ZIP

Cara membuat file winRAR ZIP
VERSI  VRESCREATIVE ™



Sebelum melangkah ke sesi pembuatan file WinRAR ZIP, anda harus memahami dulu makna dan tujuan winRAR tersebut agar tidak menjadi salah mengambil tindakan mengenai winRAR.
WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware.

Dalam bidang ilmu informatika dan seorang profesional dan di bidang programer sudah pasti mengenal dan mengerti cara menggunakan winRAR dan cara mengoprasikannya, dan sangat di butuhkan karena winRAR ini sangat efektif untuk mengkompresi atau memadatkan data sehingga menjadi kecil dalam satuan arsip berupa file winRAR ZIP.


Di bawah ini berikut pemahaman yang sangat simple dan sederhana:
  • Fitur
    WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan berkas hingga 40% dari ukuran semula, misalnya berkas A berukuran 100 MB lalu dikompresi menggunakan WinRAR ukurannya dapat menjadi hanya 40 MB, sehingga lebih menghemat space dalam drive anda.

WinRAR banyak di minati oleh semua kalangan yang mengoprasikan di bidang programer komputer dan multimedia, karena file ZIP sangat di butuhkan untuk mengkompres sebuah data sampai kisaran 60% dari data asli, seperti yang sudah di sebutkan di atas bagian fitur.
Jika anda belum mengInstall WinRAR pada komputer atau laptop, silakan download link di bawah ini secara gratis tanpa Trial.



Jika anda mempunyai file data yang cukup besar seperti penyimpanan data berupa file software sampai di atas GigaBite, anda juga dapat mengecilkan file data tersebut dengan cara mengkompres atau memadatkan menjadi file ZIP sekitar 60% dari data asli.






Cara Membuat File WinRAR ZIP

Pembuatan file WinRAR ZIP boleh langsung memblock file yang akan di kompres, dan juga boleh berupa folder jika anda ingin menjadikan file satu kesatuan dalam folder, dan folder tersebut akan di jadikan file WinRAR ZIP. Seperti apa Cara mengkompresi/memadatkan berkas menjadi file winrar zip ? simak di bawah ini.



Mengkompresi dari Folder ke WinRAR ZIP
  • 1. Buat folder baru dan masukan semua data ke dalam folder tersebut berikan nama file tersebut sesuai nama keinginan anda, contoh di dalam folder tersbut baik data berupa file software atau video dan juga file notepad, lihat gambar di bawah ini

Block file dan geser masukan ke dalam folder
  • 2. Klik kanan folder dan pilih Add to "nama folder" rar, seperti gambar di bawah ini

 
Proses Kompresi / Padatkan Data

File WinRAR ZIP
 
  • 3. Selesai, folder sudah menjadi fil WinRAR ZIP data file lebih kecil dari yang aslinya

WinRAR ZIP




Mengkompresi File secara langsung ke WinRAR ZIP
  • 1. Block semua file yang akan di kompresi kemudian klik kanan, pilih Add "nama folder" rar, seperti biasa biarkan proses kompresi sampai selesai, lihat gambar di bawah ini.


  • 2. Selesai, berkas yang sudah di kompresi sudah menjadi file WinRAR ZIP, seperti gambar di bawah ini.
 



Seperti sudah di jelaskan di atas, manfaat mengkompresi atau memadatkan berkas untuk meringankan beban dan juga menghemat pada space drive komputer anda, karena jika space drive pada komputer terlalu banyak file akan mengakibatkan slow responding pada pembukaan tab di windows anda.

Tinggalkan pesan melalui email atau komentar jika ada sebagian yang masih belum anda pahami.

Post a Comment

Previous Post Next Post