Running Text / Tulisan berjalan

VERSI VRESCREATIVE™

Pasti temen-temen semuanya mengetahui di beberapa blog orang lain ada tulisan berjalan, atau animasi dan sejenisnya, pada dasarnya tulisan tersebut cukup mudah jika temen-temen sudah mengetahui scripnya yaitu HTML/JavaScript, nah di sini vrc menjelaskan dan cara memasang running text bukan menjelaskan animasi gambar, running text tersimpan di bagian layout pada element blog, misal temen-temen ingin memasang runing text temen-temen masuk ke dasboard blog kemudian ke menu layout ada beberapa element widget dan link list lebih jelasnya pengaturan Themese Design / Disain Tema.

Pada pemasangan runing text di bagian layout di dalam layout terdapat beberapa element yaitu, main logo, main menu, navbar, main post, main sidebar, biasanya pengguna blog memasang script html runing text di bagian sidebar, karena di bagian element sidebar terdapat pilihan penambahan gadget / widget secara manual pilih saja HTML/JavaScript.

Hyper Text Markup Language atau di kenal secara simple yaitu HTML
HTML ini menyediakan elemen khusus yaitu dengan nama marquee pastinya sudah tau untuk programer yang sudah profesional di bidangnya, lebih jelasnya apa itu marquee simak di bawah berikut ini.
Elemen Marquee
Elemen marquee di gunakan untuk pembuatan running text dan juga media lainnya seperti gambar dan video, bergerak secara horizontal ( bagian bawah ) atau vertikal (bagian atas).
Running Text
temen-temen cukup menggunakan pasangan tag <marquee>running text</marquee>.
    Pada bagian tags marquee terdapat bagian Atribute di sini vrc hanya memberikan 3 atribuet yang secara umum sudah sering digunakan oleh pengguna blog, kodenya di bawah ini:

    1. Atribute Width dan Height 
    Width digunakan untuk menentukan ukuran lebar dari elemen marquee dengan nilai angka yang dapat ditulis seperti 18, 15% atau 30px.
    Height digunakan untuk menentukan ukuran tinggi dari elemen marquee dengan nilai angka yang sama seperti width, yaitu 18, 15% atau 30px. kode HTML/JavaScriptnya di bawah ini.

    <!DOCTYPE html>
     <html>
     <head>
      <title>VRESCREATIVE ™</title>
     </head>
     <body>
      <marquee width="500" height="40">Running Text / Tulisan Berjalan / VRESCREATIVE ™</marquee>
     </body>
     </html>

    Tampilan kode di atas lihat di bawah ini

    Pada script di atas secara otomatis tulisna berjalan secara horizontal, jika temen-temen ingin tulisn berjalan tersebut sesuai dengan tampilan blog atau secara default, menyesuaikan tampilan di browser maka ubah atau hapus tag width dan height menjadi kode HTML/JavaScriptnya di bawah ini.

      <!DOCTYPE html>
      <html>
      <head>
      <title>VRESCREATIVE ™</title>
      </head>
      <body>
      <marquee>Running Text / Tulisan Berjalan / VRESCREATIVE ™</marquee>
      </body>
      </html>

    2. Atribute Direction
    Atribute direction di gunakan untuk gerak arah text di dalam tag marquee, ada 4 bagian yaitu up (atas, down (bawah) left (kiri) right (kanan).
    Secara default jika temen-temen menggunakan tags left text akan berjalan dari kanan ke kiri, dan sebaliknya jika menggunakan right text akan bergeraka dari sisi kiri ke kanan, jikaa up dari bawah ke atas dna down dari atas kebawah, kode HTML/JavaScriptnya di bawah ini.

      <!DOCTYPE html>
      <html>
       <head>
        <title>VRESCREATIVE ™</title>
       </head>
       <body>
        <marquee direction="right">TRunning Text / Tulisan Berjalan / VRESCREATIVE ™</marquee>
        <marquee direction="left">Running Text / Tulisan Berjalan / VRESCREATIVE ™</marquee>
       </body>
      </html>

    Tampilan kode di atas lihat di bawah ini


    3. Atribute HSpace
    Atribute HSpace di gunakan untuk ruang kosong di mana terdapat background pada bagian running text / tulisan berjalan secara horizontal, pada pengisian angka sesuaikan kebutuhan temen-temen berapa kisaran nya.

    <!DOCTYPE html>
    <html>
     <head>
      <title>VRESCREATIVE ™</title>
     </head>
     <body>
      <marquee bgcolor="cyan" width="400">Running Text / Tulisan Berjalan / VRESCREATIVE ™</marquee><br>
      <marquee hspace="15" bgcolor="grey" width="400">Running Text / Tulisan Berjalan / VRESCREATIVE ™</marquee><br>
     </body>
    </html>

    Tampilan kode di atas lihat di bawah ini


    Cara pemasangan atau penambahan code running text:

    Setelah menyimak beberapa kode di atas, untuk pemasangnnya temen-temen buka bagian dasboar blog kemudian pilih layout, pada bagian layout sudah di jelaskan di atas ada beberapa element, nah setelah berada di layout cari penambahan widget / Add a widget pilih HTML/JavaScript dan paste kode html running text di atas sesuai selera dan klik save, seperti gamabr di bawah ini.


    Sekian dari vrc cara membuat running text / tulisan berjalan di blogger, semoga bermanfaat di tampilan atau halaman blog temen-temen dengan adanya running text.


    Tinggalkan pesan melalui email atau komentar di bawah artikel ini, jika ada sebagian yang belum anda mengerti, demi kenyamanan anda berkunjung di vrestcreative.







    Post a Comment

    Previous Post Next Post